{{ date }}
{{ time }}
NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN : 3274052F000002

Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Siap di Visitasi dan Akreditasi

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (UU No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan) untuk itu, dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat, perpustakaan diharapkan memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Sambutan Rektor Prof.Dr.H. Aan Jaelani,M.Ag

Penerapan standar nasional perpustakaan membutuhkan sarana untuk melihat apakah aspek-aspek penyelenggaraan perpustakaan sesuai dengan standar nasional perpustakaan yang ada. Adapun sarana yang dibutuhkan berupa akreditasi perpustakaan. Dalam rangka melaksanakan akreditasi perpustakaan diperlukan adanya Pedoman Akreditasi dan wadah yang dapat menaungi kegiatan tersebut berupa Lembaga Akreditasi Perpustakaan.

Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Murjati Cirebon hari ini Kamis 28 Desember 2023 divisitasi dan diakreditasi oleh tim Asesor dari Perpusnas RI Bapak Renda Khris Ardhi Artha,S.Sos.,M.Si.,dan Ibu Dra. Ika Candrawulan.

Sambutan Kapus Syibli Maufur,M.Pd

Hadir dalam acara ini dari unsur pimpinan yaitu Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Prof.Dr.H. Aan Jaelani,M.Ag  didampingi oleh Wakil Rektor 1 Prof.Dr. H.Jamali,M.Ag ,Wakil Rektor 3 Prof.Dr.H. Hajam,M.Ag., Kabag Umum Bapak Zainal Arifin,S.Ag, Kepala Perpustakaan Bapak Sybli,Maufur,M.Pd, Para Pustakawan dan seluruf staff Perpustakaan serta Komunitas Pencinta Literasi.

Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan menggunakan 9 standar/ komponen/instrumen ( Keputusan Kepala Perpusnas RI No.303 Tahun 2022 ). Dalam proses penilaian 9 standar  Akreditasi di pusat perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  dibagi 2 kelompok yaitu :

  1. Kelompok pertama  membedah standar 1 – 3 oleh Asesor  Dra. Ika Candrawulan didampingi oleh tim perpustakaan/pustakawan Tohirin,S.Ag., Ibu Eti Subernati,S.Sos dan Ibu Rosyidah,S.Ag
  2. Kelompok kedua membedah standar 4 – 9 oleh asesor Bapak Renda Khris Ardhi Artha,S.Sos.,M.Si d didampingi oleh Kepala Perpustakaan Syibli Maufur,M.Pd., Eka Cahya Nugraha,S.Pust dan Heru Mudiyanto, M.Pd

Sebelum melakukan penilaian 9 standar Akreditasi, dua asesor melakukan visitasi terlebih dahulu pada tiap-tiap unit yang ada di lantai 1,2 dan 3.

Alhamdulillah melalui presentasi dan pemaparan untuk penilaian dan pembuktian kelengkapan dokumen kurang lebih 5 jam dari jam 08.00 sd 12.00 WIB scor ahir mendaptkan capaian nilai 91,44 (Unggul/A).

Kami sangat bersyukur, perjuangan yang cukup melelahkan berbuah manis, kekompakan dari teman-teman menunjukkan bahwa perpustakaan mampu untuk diakreditasi dan divisitasi  dan sesuai harapan pa rektor dengan mendapatkan nilai ahir unggul 91,44 (A).

Bukti Dokumen Akreditasi Perpustakaan :

  1. Surat Undangan visitasi akreditasi
  2. Surat Tugas Asesor
  3. Dokumen 9  standar akreditasi
  4. Berita acara hasil visitasi perpustakaan

Foto Kegiatan Akreditasi :

 

 

 

 

 

 

 

Link terkait :

  1. Visitasi dan Akreditasi Perpustakaan IAIN SNJ Cirebon
  2. Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Raih skor 91,44 dalam visitasi pertama
  3. Bimtek Akreditasi Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  4. Workshop Persiapan Akreditasi Perpustakaan IAIN SNJ Cirebon

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top