JAM LAYANAN

Senin - Kamis : 08.00 - 16.00
Jum'at : 08.00 - 16.30

Perpustakaan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Diskusi Budaya Cirebon

Pusat Perpustakaan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan diskusi Bahasa dan Budaya Cirebon dengan tema ”  Urgensi Penggunaan Bahasa Cerbon Dalam Aktivitas Formal Pendidikan dan Media Sosial di Era Digital” yang bertempat di ruang panggung literasi Lt.I gedung pusat perpustakaan. Rabu, 10 Jui 2024.

Dalam sambutannya kepala pusat Perpustakaan Syibly Maufur,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan komitmen bersama yang diinisiasi Pusat Perpustakaan dengan para budayawan Cirebon dalam rangka melestarikan bahasa dan budaya Cirebo serta isu-isu tentang Cirebon yang  berkelanjutan.

Kegiatan diskusi ini menghadirkan dua narasumber yaitu, narasumber pertama Bapak  Tato Nuryanto, M.Pd Dosen Bahasa Indonesia UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan beliau salah satu tim penulis kamus berbahasa Cirebon dengan tema :” Penggunaan Bahasa Daerah Cirebon dalam Pendidikan Formal dan Media Sosial“. Sedangkan narasumber kedua adalah Bapak Akbarudin Sucipto,S.Sos beliau salah satu  seorang budayawan Cirebon dengan mengangkat tema :” Road Map Mularasa Basa Cirebon dalam Perspektif Budaya“.  Setelah penyampaian materi dari dua narasumber kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang dimoderatori oleh  Heru Mudiyanto,M.Pd ( Kepala Pusat Siber) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Hadir pada acara kegiatan ini dari berbagai unsur diantaranya para Budayawan Cirebon, Komunitas Pustakawan Cirebon, Komunitas pecinta pustaka, dan mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. 

Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon positif dari sejarawan dan budayawan Cirebon. Dalam kegiatan ini juga disepakati bahwa peran pelestarian bahasa dan budaya Cirebon di tingkat perguruan tinggi menjadi suatu keniscayaan. Alhamdulillah UINSSC, melalu Perpustakaan dan Cirebonesse Corner, telah hadir dan menjadi Leader dalam pelestarian bahasa dan budaya Cirebon.

Mudah-mudahan kegiatan diskusi seperti ini terus berkelanjutan, sebagai komitmen bersama dalam rangka melestarikan bahasa dan budaya Cirebon di lingkungan Civitas Akademika UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon yang diinisiasi oleh Pusat Perpustakaan UIN Siber. Dok@Toh.

Foto kegiatan Diskusi :

 

Berita terkait : https://info.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan-uin-siber-syekh-nurjati-cirebon-gelar-diskusi-budaya-cirebon/

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top