{{ date }}
{{ time }}
NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN : 3274052F000002

Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalin Kerjasama dengan 17 Perpustakaan PTKIN

Foto bersama para peserta Diklat PJJ Pusdiklat dengan panitia Diklat setelah melakukan kegiatan penandatangan MoA di ruang Audiotarium Perpustakaan Syarif Hidayatullah Jakarta, 24 Juni 2022 sebagai penguatan antar perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Negeri dalam memberikan pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan yang dikiuti oleh 30 perwakilan dari perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terdiri dari kepala perpustakaan dan pustakawan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Adminitrasi Kementerian Agama RI Jakarta selama 3 hari tanggal 22 sd 24 Juni 2022 sebagai kegiatan lanjutan Diklat PJJ Pusdiklat Kementerian Agama RI yang sudah dilaksanakan pada tanggal 13 sd 27 April 2022 secara online. Dok@Toh

Definisi Kerjasama

Pengertian kerjasama antar perpustakaan adalah kerjasama yang melibatkan dua perpustakaan atau lebih. Pada dasarnya Kerjasama antar perpustakaan tertuang dalam UU No. 43 tahun 2007 Bab XI pasal 42 bahwa perpustakaan dapat melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan kepada pemustaka. Pentingnya kerjasama disebabkan karena tidak ada satupun perpustakaan yang mampu melengkapi dirinya secara utuh dalam hal informasi, betapapun besarnya perpustakaan tersebut, tidak mampu mengumpulkan semua informasi yang ada di jagad raya ini, bahkan untuk disiplin ilmu yang paling spesifik sekalipun. Menyadari hal tersebut maka perlu setiap perpustakaan menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain untuk saling melengkapi.

Kerjasama antar perpustakaan

Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon jalin kerjasama/MoA dengan 17 Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia. Kerjasama ini merupakan komitmen bersama para peserta Diklat PJJ Pusdiklat  sebagai penguatan antar perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Negeri  dalam memberikan pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan yang dikiuti oleh 30 perwakilan dari perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terdiri dari kepala perpustakaan dan pustakawan.

Penandatangan MoA dilaksanakan pada hari Rabu 22 Juni 2022 di Balai Pusdiklat Kementerian Agama RI pada acara  Bimtek Strategis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh  Pusdiklat Adminitrasi Kementerian Agama RI Jakarta selama 3 hari tanggal 22 sd 24 Juni 2022 sebagai kegiatan lanjutan Diklat PJJ Pusdiklat Kementerian Agama RI yang sudah dilaksanakan pada tanggal 13 sd 27 April 2022 secara online.

Tujuan dan harapan dari kerjasama ini adalah membangun jejaring lebih luas dalam penguatan antar perpustakaan Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Agama Islam Negeri dalam memberikan pelayanan dan pengembangan koleksi.

Berikut daftar Perpustakaan PTKIN  yang ikut dalam penandatangan kerjasama/MoA  dengan perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yaitu :

  1. Perpustakaan IAIN Kudus
  2. Perpustakaan IAIN Pekalongan
  3. Perpustakaan IAIN Kediri
  4. Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  5. Perpustakaan IAIN Parepare
  6. Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua
  7. Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  8. Perpustakakaan IAIN Batu Sangkar
  9. Perpustakaan IAIN Ponorogo
  10. Perpustakaan IAIN Bone
  11. Perpustakaan IAIN Kendari
  12. Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  13. Perpustakaan IAIN Lhokseumawe
  14. Perpustakaan IAIN Sorong
  15. Perpustakaan STAIN Bengkalis
  16. Perpustakaan STAIN Mandailing Natal Aceh
  17. Perpustakaan UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Kegiatan Bimtek Strategis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi ini akan berakhir pada hari Jum’at 24 Juni 2022.

C. Foto penandatanganan MoA :

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top